Wednesday, April 17, 2013

Pers Release "2Abad Gn Tambora Mengguncang Dunia" 10 April 2013

Mulai jam 10.00 wib hampir 130 orang peserta seminar Rabu, 10 April 2013 yang terdiri dari undangan mapala dan mahasiswa umum
berdatangan ke lantai 4 aula Fakultas Ekonomi Univ Pancasila.
mereka hadir dengan antusias karena memang narasumber yang hadir merupakan para ahli dibidangnya. sebut saja 1.Bpk.Ir. Nurwanto (kepala sub .direktorat Bina cinta alam kementrian kehutanan )
2. Bpk. Ir. Surono ( kepala pusat vulkanologi dan mitigasi Bencana geologi ). 3. Ibu Ir. Roosary tyas w (mma Dirjen p2mkt kementrian tenaga kerja dan transmigrasi), Ibu Anna Nikhita, MBA Koordiinator Pengmbangan Kota Terpadu Mandiri wilayah Tambora 4.Aris koswara, yuni eko s (kompas tv), fikri hidayat (kompas.com)
mereka adalah orang-orang  yang memang fokus dalam bidangnya.

peserta disuguhi film dokumenter dari ekspedisi cincin api episode Gn tambora dengan kualitas HD. film ini
adalah garapan team kompas tv yang dibuat secara marathon selama 2 tahun perjalanan mengikuti 129 cincin api di Indonesia. pastinya peserta ingin sekali menikmati full episode dari dokumenter ini tapi kita harus bersabar saat ini baru terbit edisi buku yang dapat dibeli di Gramedia terdekat, mudah-mudahan akan terbit dvd ekspedisi cincin api yang pada dasarnya adalah informasi penting buat warga indonesia yang tinggal tepat dibawah bom waktu yang kapan saja siap "meledak".
acara tambah menarik ketika dari panitia mulai memberikan kuis - kuis kecil seputar informasi gn tambora karena memang informasi Gunung yang pernah membawa zaman kegelapan tahun 1815 ini sulit ditemukan di media cetak atau literatur di Indonesia.


Ibu Anna Nikhita bercerita tentang KTM ( Kota Terpadu Mandiri ) wilayaj tambora yang memang saat ini
sedang dilakukan pembangunan dari infrastruktur untuk mendukung wilayah tersebut menjadi kota yang mandiri dan layak untuk menjadi lokasi transmigrasi. mari kita berikan support dukungan kepada pemerintah agar kawasan tersebut dapat dilaksanakan karena saat ini untuk mencapai lokasi tambora total waktu yang dibutuhkan via pesawat+angkutan darat kurang lebih 16 Jam perjalanan dari Jakarta ( update 2009 ).
Kawasan ini dihuni oleh 922 jiwa, dengan rincian 411 jiwa laki-laki dan 511 jiwa perempuan. Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani ladang/kebun 207 KK. Keseluruhan penduduk di Desa Soripanihi beragama Islam.

  Perkembangan Pembangungan KTM Tambora
No
Jenis Kegiatan
Volume
PROGRAM PEMBANGUNAN TAHUN 2009
1
Pembangunan Jalan Boulevard (Tahap )I
1 Km
2
Pembangunan Median Jalan Boulevard
1 Pkt
PROGRAM PEMBANGUNAN TAHUN 2010
1
Pembangunan Jalan Boulevard (Tahap II)
1,5 Km
2
Pembangunan Kantor Pengelola
1 Pkt
3
Pembangunan Pasar (Tahap I)
1 Pkt
PROGRAM PEMBANGUNAN TAHUN 2011
1
Pembangunan Masjid
1 Unit
2
Pembangunan Sarana Air Bersih
1 Pkt
3
Pembangunan Jembatan Jalan Boulevard
1 Unit
4
Pembangunan Jalan Lokal Primer
1 Pkt
pembangunan akan terus berjalan dan diharapkan bisa rampung pada april 2015 yang bertepatan dengan 200 tahun meledaknya Gn Tambora, pastinya akan berdampak secara langsung dengan persiapan pemerintah setempat yang saat ini juga sedang mempersiapkan acara internasional ini. Bima - Kominfo, Melalui rapat koordinasi ini, saya sampaikan secara resmi bahwa sesuai hasil rapat sesepuh keraton Se Indonesia yang dilaksanakan pada Festifal Keraton Nusantara (FKN) VII di Kota Bau bau Sulawesi Tenggara, kabupaten Bima akan menjadi tuan rumah FKN VIII tahun 2014 mendatang.
      Event lain yang tak kalah pentingnya adalah Peringatan 2 abad Meletusnya Gunung Api Tambora pada tahun 2015 mendatang. Demikian ungkap Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain, ST saat memimpin Rapat Koordinasi Lengkap yang menghadirkan seluruh Kepala SKPD,  Sekretaris dan Camat di lingkungan pemerintah Kabupaten Bima, Sabtu siang (22/9) di Aula Kantor Bupati Bima jalan Diponegoro nomor 11 Jatiwangi.(sumber ). untuk acara akbar ini juga pemerintah setempat sedang mengajukan kepada pemerintah pusat agar dibuatkan Keppress untuk mengakomodir finansial agar dapat dilakukan percepatan persiapan acara tersebut. Menyambut peringatan dua abad meletusnya, gunung api Tambora memerlukan upaya revitalisasi. Pemerintah Kabupaten Dompu, telah mengirim proposal ke Kementrian Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk upaya revitalisasi tersebut. Proposal itu yang dikirim bersamaan dengan Detail Engenering Design (DED) itu, telah dikirimkan ke Dirjen Pariwisata. Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, H Agus Buchari, kepada RRI Selasa (19/3/2013) mengatakan, saat ini Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu dan Dinas Kebudayaan dan Pariwitasa NTB, telah melakukan upaya negosiasi (sumber ). Kegiatan ini ternyata banyak mendapat dukungan dari instansi pemerintahan seperti dari badan Geologi.  “Untuk peringatan dua abad meletusnya Tambora. Badan Geologi akan mensupport peralatan-peralatan terkait dengan misalnya geo risk itu tadi ya, kemudian juga mengembangkan Sumber Daya Manusianya, pada akhirnya bisa mengembangkan model untuk pengelolaan kebencanaan yang terkait dengan geologi.” (sumber). Dinas Perhubungan juga ikut serta memberikan dukungannya seperti liputan sebagai berikut :  Mataram, 17/9 (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gencar menyebarluaskan informasi tentang peringatan dua abad meletusnya Gunung Berapi Tambora, di Pulau Sumbawa, yang diagendakan 11 April 2015.
     "Ini salah satu ikon penyebaran informasi secara meluas terkait rencana peringatan dua abad meletusnya Gunung Berapi Tambora," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi NTB Ridwan Syah, di sela-sela peluncuran bus pemadu moda Bandara Internasional Lombok (BIL), di Mataram, Senin. 
     Peluncuran bus pemadu moda BIL itu dilakukan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, usai upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional 2012 Tingkat Provinsi NTB, yang digelar di halaman kantor Dishubkominfo NTB.
     Sebanyak lima unit bus kapasitas 18 kursi bantuan Kementerian Perhubungan untuk kendaraan pemadu moda BIL, yang pengelolaannya dipercayakan kepada Perum DAMRI Stasiun Mataram. 
     Di sisi kiri dan kanan bus itu bertuliskan "Satu Hati Menyongsong Dua Abad Tambora", yang dimaksudkan agar penguna bus itu mulai mengetahui rencana peringatan dua abad meletusnya Gunung Berapi Tambora.   
     "Dalam upaya penyebarluasan informasi terkait rencana peringatan dua abad meletusnya Tambora itu, kami bekerja sama dengan PT Astrea Internasional Tbk," ujar Ridwan. (sumber)
      selain seminar acara ini tidak lengkap jika tidak dilengkapi dengan "ledakkan" sound system dan raungan distorsi. Ya mapala memang identik dengan musik-musik cadas dan rock, akhirnya suatu kehormatan buat Talaseta kita mengundang VOODOO dengan edowidiz sebagai pentolannya. Panggung yang didukung dari APACHE lengkap dengan sound system ini akhirnya cukup mengakomodir rindu kami dengan kawan VOODOO. band pembuka juga tampil optimal bersama fan yang juga mereka bawa sendiri dari komunitasnya seperti my mom is perfect dimana band ini sangat rindu dengan kasih sayang seorang ibu dan mereka salurkan rasa rindu melalui musik.

Tuan Tanah jadi lagu pembuka band yang pernah hits pada tahun 90an ini menjadi teaser kepada
pengunjung yang hadir, sontak mereka terhenyak dengan raungan dan lengkingan vokalis mencoba membuka memori namun pastinya buat kami para anggota yang kuliah lebih dahulu ini merupakan flashback memori. Lagu Talaseta yang juga diciptakan oleh voodoo menjadi kado istimewa dan berhasil menggetarkan langit sore itu. terlihat sudah pengunjung yang bisa ikut bernyanyi dan ikut jamming didepan pasti ketahuan tahun berapa mereka masuk kuliah namun buat pecinta musik cadas / rock dimana lagu-lagu yang digawangi @edowidiz ini bisa dibilang rumit bahkan bisa disejajarkan dengan dream teathre karena alunan double pedal dan typing khas @edowidiz. formasi mereka bener-benear fresh alias baru namun permainan mereka tidak bisa dibilang baru tapi kreeeeeen abiiizzz. sore itu @edowidiz yang dekat dengan para pendiri Talaseta berhasil "bercumbu" dengan gitarnya serta melakukan aksi "Toungue Typing".

para penonton memang mendapat suguhan yang benar benar cadas dari band yang dipimpin oleh om

@edowidiz yang juga aktif sebagai pengajar di Yamaha Music. setelah asyik rock n roll ria penonton dimanjakan dengan satu unit mobil retail Indomaret yang posisinya tidak jauh dari panggung dan climbing wall Talaseta. i-mobile Indomaret ini menyediakan minuman dan makanan cepat saji lengkap dengan mesin kasir serta pramuniaganya juga tenda booth yang berisi aneka makanan yang siap menyambut para "rocker" yang lelah dan asyik bernyanyi. inovasi mobil bergerak ini dari perusahaan retail terbesar di Indonesia ini adalah bagian dari langkah mendekatkan dengan konsumen yang memang terasa di acara "2Abad Gn tambora Mengguncang Dunia" di Talaseta. 
Harapan kami setelah acara ini dilakukan di Talaseta dan ini adalah awal dari sosialisasi kami bukan akhir karena selain gn tambora serta potensi yang ada indonesia masih memiliki 129 gn api yang tersebar dari sabang sampai merauke artinya kita masih mempunyai kabar gembira untuk potensi tenaga kerja,ekonomi,budaya,parawisata,energy terbarukan ( geo thermal) serta kearifal lokal yang tersirat didalamnya.dari peserta seminar yang hadir 130 orang juga diharapkan menjadi penyebar virus aktif menyebarkan dan sosialisasi "2abad gn tambora mengguncang dunia" melalui kegiatan ini juga kami ingin mengajak kepada kawan kawan mapala se Indonesia untuk melakukan sosialisasi 200 tahun gn tambora yang mengguncang dunia. Talaseta sudah mulai dengan ledakkan kecil tanggal 10 April 2013 jika kita bersama pastikan nyalakan tanda bahaya karena pastinya pada 11 April 2015 di NTB akan diadakan acara seremoni internasional tentang gunung yang berhasil membuat seorang Napoleon Bonaparte kalah perang karena musim dingin yang berkepanjangan di eropa.

mari kita mencari tahu lebih dari sejarah tambora ini dari berbagai sisi dan munculkan kepada masyarakat kabar baik tersebut. mohon doa restu kawan-kawan agar Talaseta dapat membawa nama harum Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila dan menjadi perwakilan di NTB 11 April 2013 yang juga dihadiri 12 negara undangan. Amin. Kami Muda Tapi Punya Arti kan selalu menjadi motto perjalanan organisasi kami sebagai perwakilan dari jiwa-jiwa muda yang kreatif. Kami menentang segala bentuk kekerasan, cukup musik kami yang  keras dan cadas namun semangat kami tetap membahana untuk eksistensi dan silaturahmi.tidak lupa kepada segenap pengurus dan anggota aktif Talaseta khususnya ketua pelaksana sdr. Imam dan ketua Talaseta sdr. Syendi, terima kasih untuk perhelatan kegiatan kemarin dan terus berkarya.

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung acara ini. Together Everyone Achieve More

















No comments:

Post a Comment

Para Sahabat